Pahlawan atau penjahat? Keluarnya Rupert Murdoch menimbulkan perasaan yang kuat di Inggris, di mana ia menjungkirbalikkan media

admin Avatar

Posted on :

LONDON — Sebelum menyerang Amerika, Rupert Murdoch menghebohkan media Inggris seperti angin puting beliung.

Surat kabarnya mengubah cuaca politik dan budaya dan mengubah pemilu. Saluran televisi satelitnya menjungkirbalikkan suasana penyiaran yang tenang.

Jurnalis dan politisi di Inggris memuji dan mencaci maestro berusia 92 tahun tersebut setelah dia mengumumkan pada hari Kamis bahwa dia mengundurkan diri sebagai pemimpin perusahaannya Fox dan News Corp., dan menyerahkan kendali kepada putranya, Lachlan.

Bagi The Times of London, yang dimilikinya, Murdoch adalah “pelopor yang mengubah media.” Mantan Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan bahwa taipan tersebut “melakukan lebih dari raja pers mana pun dalam 100 tahun terakhir untuk mempromosikan kebebasan media global yang sangat diperlukan bagi demokrasi dan kemajuan.”

Namun bagi para pengkritiknya, Murdoch adalah sosok yang tidak bertanggung jawab dan jahat dalam kehidupan Inggris. Nathan Sparkes dari Hacked Off, sebuah kelompok reformasi pers yang bertujuan untuk mengekang pelanggaran tabloid, mengatakan bahwa Murdoch “memimpin sebuah perusahaan di mana terjadi pelanggaran hukum yang meluas dan kemudian ditutup-tutupi.” Mantan pemimpin Partai Buruh Jeremy Corbyn berpendapat bahwa media Murdoch telah “meracuni demokrasi global dan menyebarkan disinformasi dalam skala besar.”

Kepala Departemen Keuangan Inggris Jeremy Hunt mengatakan kepada radio LBC: “Dia adalah seseorang yang, mencintainya atau membencinya, memiliki pengaruh yang menentukan dalam kehidupan kita selama setengah abad terakhir.”

Orang baru asal Australia ini sama sekali tidak dikenal di Inggris ketika ia membeli surat kabar Minggu yang lesu, News of the World pada tahun 1969, dan segera mengakuisisi surat kabar harian The Sun. Sebagai pemilik yang aktif, ia menghidupkan kembali kancah surat kabar Inggris yang membosankan dan penuh kelas dengan surat kabar yang mencakup olahraga, selebriti, hadiah, dan seks – yang paling terkenal adalah “Gadis Halaman 3” yang bertelanjang dada di The Sun.

Dalam sebuah wawancara dengan BBC pada tahun 1989, Murdoch menyatakan kesuksesannya berasal dari akar antipodean, dengan mengatakan bahwa warga Australia datang ke Inggris dengan “tekad yang lebih besar dan energi yang lebih besar,” tidak terkekang dan menghormati “aturan ‘dunia lama’.”

“Kami melakukan hal-hal yang menurut orang tidak dapat dilakukan,” katanya.

Populis, penuh keangkuhan, dan patriotik, tabloid-tabloid Murdoch tidak dapat disangkal memiliki bakat. Kritikus menyayangkan berita utama seperti “Up yours, Delors,” yang ditujukan kepada Presiden Komisi Eropa saat itu, Jacques Delors, dan “Gotcha!” — Reaksi Matahari ketika kapal selam Inggris menenggelamkan kapal penjelajah Argentina Belgrano, menewaskan lebih dari 300 pelaut, selama Perang Falklands tahun 1982.

Liputan The Sun tentang bencana stadion Hillsborough tahun 1989, yang menewaskan 96 penggemar sepak bola Liverpool, memicu kemarahan karena melontarkan tuduhan palsu terhadap para korban. Lebih dari tiga dekade kemudian, banyak warga Liverpudlian masih menolak membaca The Sun.

Namun para politisi dari sayap kanan dan kiri menyukai dan takut pada Murdoch, yang menambahkan The Times dan Sunday Times ke dalam kandangnya pada tahun 1981.

Seorang konservatif yang juga membenci kemapanan, dia adalah pendukung antusias pemimpin Konservatif Margaret Thatcher pada tahun 1980-an, yang memiliki permusuhan yang sama dengan Murdoch terhadap serikat buruh yang kuat. Setelah penerus Thatcher dari Partai Konservatif, John Major, secara tak terduga menang dalam pemilu tahun 1992, tabloid tersebut menyombongkan diri: “Mataharilah yang memenangkannya.”

Keberhasilan Tony Blair dalam mendapatkan dukungan Murdoch membantu Partai Buruh Blair menang telak pada tahun 1997. Seperti politisi lainnya, Blair membantah memberikan apa pun kepada Murdoch sebagai imbalan atas dukungannya — meskipun banyak orang yang skeptis meragukan hal itu.

“Tidak ada kesepakatan mengenai isu-isu yang berkaitan dengan media dengan Rupert Murdoch, atau bahkan dengan orang lain, baik tersurat maupun tersirat,” kata Blair pada penyelidikan tahun 2012 mengenai etika media, yang dipicu oleh pengungkapan yang mengguncang kerajaan Murdoch di Inggris.

Pada tahun 2011 terungkap bahwa karyawan News of the World telah menguping telepon selebriti, politisi, bangsawan, dan bahkan remaja korban pembunuhan. Murdoch terpaksa menutup surat kabar tersebut, beberapa eksekutif diadili dan mantan editor Andy Coulson dipenjara.

Sejak itu, News Corp. milik Murdoch telah membayar puluhan juta sebagai kompensasi kepada orang-orang yang diduga menjadi korban, termasuk banyak orang yang mengatakan bahwa mereka menjadi sasaran The Sun. Pangeran Harry adalah salah satu selebritas yang saat ini menggugat The Sun atas dugaan peretasan, namun surat kabar tersebut tidak pernah mengakuinya.

Murdoch mengecam peretasan telepon dan kelakuan buruk media lainnya, namun mengklaim dia tidak menyadari ruang lingkupnya dan menyalahkan sejumlah kecil staf yang nakal.

Sebagai seorang wartawan, Murdoch merasakan pada tahun 1980-an bahwa media sedang berubah dan televisi berbayar akan menjadi landasan utama masa depan. Dia meluncurkan saluran satelit Sky Television dari kawasan industri London pada tahun 1989 dengan apa yang dia akui sebagai “sayap dan doa.”

Sky hampir runtuh pada awalnya tetapi diselamatkan ketika Murdoch mendapatkan hak untuk menayangkan pertandingan sepak bola Liga Premier secara langsung pada tahun 1992. Olahraga membantu perusahaan tersebut, yang kemudian dikenal sebagai BSkyB, menjadi raksasa penyiaran Inggris.

Namun skandal peretasan telepon memaksa Murdoch membatalkan tawaran untuk mengambil kendali penuh atas Sky, di mana ia memegang sekitar 40% sahamnya. Dia menjual sahamnya di penyiar tersebut ke Comcast pada tahun 2018.

Murdoch masih memiliki surat kabar Times, Sunday Times dan Sun serta saluran berita Talk TV yang sedang mengalami kesulitan, namun banyak pengamat industri menduga Lachlan Murdoch, yang kurang tertarik pada surat kabar dibandingkan ayahnya, pada akhirnya akan membuang surat kabar Inggris.

Untuk saat ini, Rupert Murdoch tetap menjadi magnet bagi mereka yang berkuasa dan mencari kekuasaan di Inggris. Daftar tamu untuk pesta musim panasnya pada bulan Juni termasuk Perdana Menteri Rishi Sunak, banyak anggota Kabinetnya dan pemimpin oposisi Partai Buruh Keir Starmer.

___

Liputan iklim dan lingkungan Associated Press menerima dana dari yayasan Quadrivium, yang didirikan oleh James dan Kathryn Murdoch. Informasi lebih lanjut tentang inisiatif iklim AP dapat ditemukan di sini. AP sepenuhnya bertanggung jawab atas semua konten.

Source link

Pola Slot Gacor Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *