Rupert Murdoch mengundurkan diri sebagai ketua Fox dan News Corp., mengirimkan gelombang kejutan melalui media dan politik

admin Avatar

Posted on :

CNN New York—

Rupert Murdoch, tokoh media sayap kanan yang membangun dan mengawasi salah satu kerajaan berita paling berpengaruh di dunia, hari Kamis mengumumkan bahwa ia akan mengundurkan diri sebagai ketua perusahaannya, Fox Corporation dan News Corporation.

“Sepanjang kehidupan profesional saya, saya setiap hari terlibat dengan berita dan ide, dan itu tidak akan berubah,” tulis Murdoch, 92, dalam sebuah memo kepada karyawan. “Tetapi ini adalah waktu yang tepat bagi saya untuk mengambil peran yang berbeda, mengetahui bahwa kami memiliki tim yang benar-benar bertalenta.”

Sebagai pemimpin Fox dan News Corporation, yang menerbitkan surat kabar berpengaruh seperti The Wall Street Journal dan tabloid New York Post, Murdoch selama beberapa dekade telah memiliki pengaruh besar di Partai Republik, dan hanya ditandingi oleh segelintir orang terpilih.

Pengunduran dirinya terjadi pada saat yang penting dalam industri media ketika raksasa hiburan menghadapi transformasi besar-besaran dalam bisnis televisi dan film tradisional dan konsumen dengan cepat tertarik pada layanan streaming.

Keputusan Murdoch untuk mundur sebagai ketua perusahaannya juga akan menimbulkan kejutan di dunia politik, tepat ketika pemilihan presiden tahun 2024 semakin memanas. Fox News masih terjerat dalam litigasi yang berasal dari jaringan yang menjajakan kebohongan pemilu mantan Presiden Donald Trump setelah pemilu tahun 2020.

Lachlan Murdoch akan mengambil alih jabatan ketua Fox dan News Corporation.

Putra sulung Murdoch, Lachlan, yang sudah menjabat sebagai CEO Fox Corporation, akan menjadi ketua tunggal di kedua perusahaan tersebut.

Murdoch menggambarkan Lachlan sebagai “pemimpin yang penuh semangat dan berprinsip.” Tidak jelas apakah arah Fox akan berubah di bawah kepemimpinan Lachlan, namun Rupert mengisyaratkan bahwa Lachlan akan mempertahankan editorial sayap kanan yang dikenal oleh perusahaan medianya.

“Ayah saya sangat percaya pada kebebasan, dan Lachlan sangat berkomitmen pada perjuangannya,” kata Murdoch kepada karyawannya dalam memonya. “Birokrasi yang mementingkan diri sendiri berusaha membungkam mereka yang mempertanyakan asal usul dan tujuan mereka. Para elit secara terbuka merasa jijik terhadap mereka yang bukan anggota kelas mereka. Sebagian besar media bersekongkol dengan para elit tersebut, menjajakan narasi politik dibandingkan mengejar kebenaran.”

Rupert Murdoch, yang meyakinkan stafnya bahwa dia berada dalam “kesehatan yang baik,” mengatakan bahwa dalam peran barunya sebagai ketua emeritus dia akan tetap “terlibat setiap hari dalam kontes ide.”

Namun, Lachlan Murdoch secara pribadi telah mengkritik Trump, dengan mengatakan bahwa dia tidak setuju dengan sebagian besar perilaku mantan Presiden tersebut, kata orang yang mengetahui masalah tersebut kepada CNN tahun lalu. Dalam beberapa komentar, Murdoch bahkan mengatakan kepada masyarakat bahwa dia yakin jika Trump kembali mencalonkan diri, hal itu akan berdampak buruk bagi negara.

Keterlibatan Murdoch dalam bisnis media dimulai pada tahun 1950-an dengan sebuah jaringan surat kabar kecil di Australia,

Pada tahun 1969, Murdoch mendapatkan hadiah besar pertamanya di luar negeri dengan pembelian News of the World dari Inggris. Dia kemudian mengakuisisi The Sun dan The Times serta The Sunday Times di London, membangun kerajaan surat kabar yang memberinya jangkauan dan pengaruh politik tak tertandingi di Inggris.

Pada tahun 1973, Murdoch pertama kali memasuki dunia media Amerika dengan membeli San Antonio Express dan San Antonio News. Setahun kemudian, dia pindah ke New York dan segera memulai National Star, sebuah tabloid yang bersaing dengan National Enquirer.

Mungkin salah satu pembeliannya yang paling produktif adalah New York Post pada tahun 1976, sebuah tabloid berpengaruh di Kota New York yang masih mendominasi media dan bidang politik hingga saat ini. Dia telah memilikinya sejak saat itu, kecuali untuk waktu yang singkat ketika peraturan melarang kepemilikan surat kabar dan stasiun TV di kota yang sama. Dia membelinya kembali pada tahun 1993 setelah menjualnya pada tahun 1988.

Murdoch menjadi eksekutif besar Hollywood pada tahun 1985 ketika dia membeli Twentieth Century Fox dari pengusaha minyak Marvin Davis seharga $600 juta. Pada tahun 1986, Murdoch memasuki bisnis televisi setelah ia membeli beberapa stasiun televisi AS dan mendirikan Fox Broadcasting.

Dia meluncurkan stasiun TV berbayar satelit asal Inggris, Sky, pada tahun 1989, sebelum menggabungkannya dengan pesaing utamanya hanya setahun kemudian setelah terjadi perang harga yang parah.

Namun kerajaannya di Inggris kandas dua dekade kemudian akibat skandal peretasan di News of the World.

Murdoch menutup tabloid hari Minggu – salah satu surat kabar tertua dan terlaris di Inggris – pada bulan Juli 2011 di tengah kemarahan publik atas tuduhan bahwa tabloid tersebut secara ilegal menguping korban pembunuhan dan teror, politisi dan selebriti. Skandal itu memaksanya membatalkan upayanya untuk mengambil kendali Sky.

Dia kembali mengajukan tawaran untuk perusahaan penyiaran TV berbayar tersebut pada tahun 2016, namun tawaran tersebut dijerat oleh regulator media Inggris yang khawatir bahwa kesepakatan tersebut akan memberikan pengaruh yang terlalu besar kepada keluarga Murdoch di Inggris dan kekhawatiran atas komitmen keluarga Murdoch untuk menegakkan standar penyiaran Inggris. Comcast masuk pada menit terakhir dan mengalahkan tawaran Fox untuk Sky.

Meskipun ia fokus pada media cetak dan TV, ia juga gagal mendominasi internet. Dia membeli MySpace, salah satu jejaring sosial pertama, pada tahun 2005 seharga $580 juta. pada tahun 2011, dia menjualnya dengan kerugian besar sebesar $35 juta. Dia kemudian menyatakan bahwa kegagalannya disebabkan oleh “serangkaian hilangnya peluang yang mahal” dan tambahan “lapisan birokrasi” yang menghambat kemajuan dibandingkan pesaingnya seperti Facebook dan YouTube.

Murdoch menjual sebagian besar kerajaan medianya, termasuk studio film Twentieth Century Fox, kepada Disney dalam kesepakatan besar-besaran senilai $71 miliar pada tahun 2019. Dia memiliki portofolio penyiaran yang jauh lebih sedikit, yang terdiri dari Fox News dan Fox Sports.

Namun, setelah penjualan itu, ia mempertahankan bisnis surat kabar News Corp. miliknya, termasuk Wall Street Journal, yang merupakan bagian dari pembelian Dow Jones oleh perusahaannya pada tahun 2007 seharga $5,6 miliar. Di bawah bidangnya, surat kabar tersebut memperluas fokusnya melampaui uang dan pasar, membangun sistem pembayaran berbayar (paywall) yang sukses, dan mempertahankan nadanya yang down-the-middle kecuali halaman Opininya yang konservatif.

Fox News diluncurkan pada tahun 1996 sebagai pesaing startup konservatif CNN. Saluran ini akhirnya menjadi saluran berita kabel teratas di Amerika dengan memainkan narasi konservatif.

Namun, saluran tersebut menyimpang dari akarnya dalam berita konservatif ketika mantan Presiden Donald Trump naik ke tampuk kekuasaan di Partai Republik pada tahun 2015, dan menjadi rumah bagi propaganda sayap kanan yang bertujuan untuk menopang Gedung Putih yang dilanda skandal.

Gerai milik Murdoch juga memiliki sejarah panjang dalam meremehkan dan meremehkan ilmu pengetahuan iklim. Di AS, Fox News telah menjadi rumah bagi teori konspirasi perubahan iklim dan orang-orang yang menyebarkannya. Meskipun Murdoch telah berkali-kali mengatakan bahwa dia tidak mendukung penolakan iklim, pernyataannya terus mendorong keraguan terhadap iklim dan membuat orang-orang skeptis terhadap perubahan iklim.

“Tidak ada orang yang melakukan kerusakan lebih besar terhadap pemahaman tentang perubahan iklim selain Rupert Murdoch, yang telah menggunakan jaringan media globalnya sebagai senjata untuk menabur keraguan dan kebingungan mengenai ilmu pengetahuan dasar dan alasan untuk mengambil tindakan,” Michael Mann, ilmuwan iklim terkenal di Universitas Pennsylvania, mengatakan kepada CNN.

Dalam beberapa tahun terakhir, di bawah Murdoch, Fox News telah mengemukakan teori konspirasi yang tidak berdasar, termasuk pandemi Covid-19 dan pemilihan presiden tahun 2020.

Kebohongan yang didorong oleh Fox News tentang pemilu tersebut memicu dua tuntutan hukum pencemaran nama baik besar-besaran dari perusahaan teknologi pemungutan suara Dominion Voting Systems dan Smartmatic.

Fox awal tahun ini menyelesaikan gugatan Dominion dengan nilai bersejarah sebesar $787,5 juta. Namun gugatan Smartmatic terus berlanjut melalui sistem pengadilan.

Fox News mengumumkan pengunduran diri Murdoch dalam siarannya Kamis pagi, dan pembawa berita Bill Hemmer memuji pendiri jaringan tersebut.

“Rupert Murdoch menciptakan semua ini dan lebih banyak lagi di seluruh Amerika dan dunia,” kata Hemmer. “Karyanya telah meninggalkan jejak yang tak terhapuskan dalam lanskap media global. Kontribusinya sungguh tak terhitung dan luar biasa dan kami berterima kasih padanya karena telah mengizinkan kami menjadi bagian dari semuanya.”

“Tanpa dia, kami tidak akan berada di sini,” tambah pembawa acara Dana Perino.

Source link

Pola Slot Gacor Terbaru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *